Gen Ayah Penyebab Autisme


Autisme adalah salah satu penyakit yang sampai saat ini belum diketahui penyebab utamanya.  Autisme dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder R-IV merupakan salah satu dari lima jenis gangguan dibawah payung PDD (Pervasive Development Disorder) di luar ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan ADD (Attention Deficit Disorder). Autisme itu sendiri merupakan suatu kondisi mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masa balita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial atau komunikasi yang normal. Akibatnya anak tersebut terisolasi dari manusia lain dan masuk dalam dunia repetitive, aktivitas dan minat yang obsesif. Karakteristik anak dengan autisme adalah adanya 6 gangguan dalam bidang , interaksi sosial, komunikasi (bahasa dan bicara), perilaku-emosi, pola bermain, gangguan sensorik dan motoric, perkembangan terlambat atau tidak normal.
Autism
Autism
Sampai saat ini, para ilmuwan belum menemukan cara paling tepat untuk mencegah autisme pada anak. Perawatan dini dan intensif berdasarkan gejala dan tingkat keparahan anak penyandang autisme merupakan langkah terbaik yang saat ini bisa dilakukan. Namun, sebuah penelitian dari Islandia memperoleh penemuan terbaru. Anak-anak penyandang autisme diduga mendapatkan mutasi genetik dari usia ayah. Semakin tua seorang ayang, sperma yang dihasilkannya beresiko meningkatkan skizofrenia dan autisme pada anak. "Semakin tua seseorang menjadi ayah, besar kemungkinannya proses mutasi gen kepada anak. Semakin sering mutasi gen dilakukan, semakin besar kerugiannya" kata Dr. Kari Stefansson, tim penulis yang mempublikasikan riset ini dalam jurnal Nature.
Hope for Autism
Autism
Dalam penelitian tersebut, ditemukan mutasi gen dari ayah lebih besar. Tiap tahun, dua gen termutasi. Ketika umur laki-laki mencapai lebih dari 40 tahun, gen yang termutasi berjumlah di atas 65. Sedangkan, mutasi gen pada wanita berlangsung stabil. Penemuan ini bukan jawaban tepat untuk semua teka teki skizofrenia dan autism, namun penelitian ini masih memerlukan telaah kembali mengenai penyebab penyakit Autis yang berdasarkan penelitian sebelumnya ada setidaknya 5 Faktor Penyebab Autis.

Sumber      : wikipedia
                   : kompas.com
Edited by  : Hary indrianto