Domain (dot) .com Bakal Kadaluarsa

Saat ini ada sekitar 21 nama domain yang disebut "top-level domain" selain (dot) .com. Beberapa yang cukup akrab di telinga orang indonesia adalah .org, .biz, .edu, dan .co.id. Namun tahukan anda bahwa mungkin sebentar lagi nama-nama itu akan bersaing dengan nama-nama baru dan .com yang paling populer di dunia internet akan terdengar usang dan tidak banyak lagi organisasi atau perusahaan yang memakainya. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan pada bulan Juni 2012 lalu, Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) setuju untuk menciptakan generic top-level domains (gTLD) baru.

Dengan generic top-level domains baru tersebut, perusahaan atau organisasi yang ingin membuat "top level domain" yang unik dimungkinkan. Misalnya pabrikan mobil BMW bisa membuat .bmw. Atau misalnya PT. Anugrah Batu Gunung, bisa mendaftarkan dengan (gLTD) .abg, sangat menarik sekali bukan. Atau asosiasi industri otomotif dapat juga memperkenalkan .car. Lalu bunyinya, misalnya blabla.car.
Nama - Nama Domain
Nama - Nama Domain
Raksasa mesin pencari Google sendiri kabarnya telah lebih dulu memborong 101 gTLD, termasuk .lol, nah bagi anda yang berminat mendapatkan nama gLTD yang anda suka anda dapat mendaftarkan gLTD anda dengan biaya untuk mendapatkan gTLD itu sebesar 185 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,6 miliar pada kurs Rp 9.000,- dengan biaya tahunannya mencapai 25 ribu dolar atau Rp 225 juta. Selain itu bagi perusahaan atau organisasi yang ingin mendapatkan gTLD harus mengajukan aplikasi terlebih dahulu dan setelah diterima, barulah membayar biaya-biaya tersebut. Berminat?

Sumber     : Tribunnews
Edited by  : Hary Indrianto