Terapi Jalan Kaki Sembuhkan Encok

Permasalahan persendian atau lebih sering di sebut dengan encok, merupakan masalah yang sering dialami oleh mereka yang sudah berumur. Terutama pada bagian pinggang dan kaki. Keluhan rasa sakit tersebut muncul salah satunya karena tulang yang kurang sehat di bagian lutut kaki dan pinggang yang menurut ilmu kesehatan disebut osteoarthiris.
Keluhan di persendian tersebut dapat dikuragi dengan terapi berjalan kaki cepat, secara rutin sampai keluhan nyeri pada lutut atau pinggang mereda. Bagi penderita encok atau nyeri sendi, terapi jalan kaki ini tidak perlu dilakukan setiap hari, mengapa demikian? Pasalnya setelah jalan kaki persendian yang sakit akan memulihkan diri, oleh karena itu diperlukan jeda waktu sebelum kembali berjalan kaki cepat.
Terapi Jalan Kaki
Terapi Jalan Kaki
Terapi jalan kaki ini penting dilakukan karena dengan jalan kaki kurang lebih satu kilometer per hari akan menguatkan otot-otot, ligamen, tendon dan tulang rawan, terapi ini akan lebih bermanfaat jika dilakukan sejak usia muda, karena jalan kaki dapat mencegah atau memperlambat osteoporosis (keropos tulang) bagi wanita.
Menurut sebuah penelitian disebutkan bahwa perempuan menopause yang berjalan kurang lebih satu kilometer per hari memiliki kepadatan tulang lebih baik daripada mereka yang sedikit berjalan kaki. Hal tersebut disebabkan karena jalan kaki efektif untuk menurunkan kehilangan massa tulang di bagian kaki.
Seperti halnya jogging yang merupakan diet alami untukmenurunkan berat badan, ternyata jalan kaki sangat bermanfaat bukan, mungkin inilah salau satu sebab kenapa orang zaman dulu, kakek buyut kita masih kuat dan sehat di usia senja. Nah, sudah saatnya kita budayakan jalan kaki untuk hidup sehat bukan.