Tangkal Virus dengan Deep Freeze

Deep Freeze kata tersebut bagi sebagian pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi, tetapi bagi sebagian lagi tentunya masih ada yang belum tau tentang apa itu Deep Freeze.? Ya saya sendiri baru saja tau tentang Deep Freeze ini, Awalnya saya mengira kalau Deep freeze ini adalah sebuah game (maklum sedikit gamer) karena saya dapat masternya di sebuah PC di warnet (Warung Internet) saat saya sedang browsing. Ketika di rumah langsung saya install tetapi nga ada efeknya alias nga ada program yang keluar malah laptop saya langsung restart sendiri. Kagetnya pas hari berikutnya sewaktu saya hidupin laptop mau lanjutin main game eh stage yang kemarin ku save ko balik ke asal, setelah usut punya usut ternyata gara-gara Aplikasi Deep Freeze.
Setelah browsing ke Om Google baru ketahuan dech kalau aplikasi Deep Freeze ini adalah sebuah aplikasi yang berfungsi mengembalikan setingan komputer ke kondisi awal saat aplikasi tersebut di pasang. Deep freeze merupakan software Block restore yang di ciptakan oleh perusahaan faronics, pernah dengar kata faronics.? Ya faronics adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan Software. Deep freeze ini di ciptakan untuk menjaga dan mengorganisir file-file yang ingin di simpan secara permanen, terutama pada Local disk System. Cara kerja deep freeze adalah membekukan semua file yang berada computer pada waktu pertama penginstalan program ini. Program dapat di ubah hanya pada saat anda menggunakan komputer, bila komputer di restart/shutdown maka file yang anda ubah akan kembali ke settingan pertama seperti sebelum di restart, bukan hanya file yang akan kembali seperti semula saat anda menginstal aplikasi ini.
Untuk memakai Deep Freeze sebaiknya komputer anda dibagi minimal 2 partisi yaitu partisi "master" untuk instalasi sistem komputer seperti Windows, dan partisi "secondary" untuk data anda. Yang anda pasangi Deep Freeze sebaiknya hanya partisi sistem anda saja atau partisi "master" karena partisi ini yang paling banyak diserang oleh virus. Sedangkan untuk partisi data sebaiknya tidak perlu dipasang Deep Freeze karena anda tidak ingin ketika komputer anda restart data anda hilang atau kembali ke posisi semula sebelum terjadi perubahan. Kalau komputer anda single partition atau hanya ada drive "C" saja dan tidak ada drive "D", sebaiknya anda jangan memakai software ini kecuali anda mau mengubahnya menjadi 2 (dua) partisi. Selain itu yang yang paling penting lainya yaitu password deep freeze anda jangan sampai lupa, karena akan berakibat sangat fatal yaitu anda tidak akan dapat merubah setting dari Deep Freeze dan bahkan tidak dapat meng-uninstallnya. untuk mengaktifkan/menonaktifkan dan mengubah password pada deep freeze tekan shift-Ctrl-Alt-F6 secara bersamaan, pada menu Deep freeze akan muncul konfirmasi password kemudian menu settingan yaitu: Boot Frozen untuk mengaktifkan dan Boot Thawed untuk menonaktifkan. Tapi jangan Lupa juga sebelum anda menginstal Deep freeze usahakan agar komputer anda dalam keadaan bebas dari firus, karena apabila komputer anda terjangkit virus maka virus akan awet di dalam komputer anda.