Kebijakan Fiskal Dan Moneter

Kebijakan Fiskal adalah suatu kebijakan ekonomi yang bertujuan mengarahkan kondisi perekonomian menjadi lebih baik dengan jalan mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah. Kebijakan fiskal ini mekankan pada pengaturan pendapatan dan belanja pemerintah. Sedangkan Kebijakan Moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan ekonomi makro oleh pemerintah melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Usaha tersebut dilakukan untuk menjaga kestabilan harga dan inflasi serta terjadinya peningkatan output keseimbangan.

Pengaturan jumlah uang yang beredar pada masyarakat diatur dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan moneter dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
1. Kebijakan Moneter Ekspansif / Monetary Expansive Policy
Adalah suatu kebijakan dalam rangka menambah jumlah uang yang beredar
2. Kebijakan Moneter Kontraktif / Monetary Contractive Policy
Adalah suatu kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yang edar. Disebut juga dengan kebijakan uang ketat (tight money policy)
Instrumen kebijakan fiskal adalah penerimaan dan pengeluaran pemerintah yang berhubungan erat dengan pajak. Dalam Pedekatan kurva IS dan LM Pajak merupakan bocoran dan kenaikannya akan mengurangi pengeluaran agregat. Apabila pajak yang dikumpulkan pemerintah bertambah, pendapatan disposebel, konsumsi dan tabungan rumah tangga akan berkurang. Kebijakan Fiskal dan moneter secara Ekonomi makro dapat dianalisa dengan menggunakan pendekatan kurva IS dan LM.
Kurva IS merupakan kurva yang menggambarkan keseimbangan pendapatan nasional pada berbagai tingkat bunga.Sedangkan Kurva LM merupakan Kurva yang menggambarkan hubungan antara tingkat bunga yang diwujudkan oleh keseimbangan antara permintaan dan penawaran uang dengan pendapatan nasional dimana keseimbangan tersebut dicapai. Oleh karena intu setiap perubahan tarif pajak akan berpengaruh pada ekonomi. Jika pajak diturunkan maka kemampuan daya beli masyarakat akan meningkat dan industri akan dapat meningkatkan jumlah output. Dan sebaliknya kenaikan pajak akan menurunkan daya beli masyarakat serta menurunkan output industri secara umum. perubahan tersebut dapat digambarkan berdasarkan kurva IS dan LM silahkan didownload disini, dan untuk passwordnya silahkan download disini.