Tips memilih Aplikasi Sosial Media

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna terbesar ketiga dunia untuk Facebook. Begitu juga dengan akun Twitter. Dengan besarnya jumlah pengguna Facebook dan Twitter tersebut, pengguna seharusnya mampu memanfaatkan jejaring sosial tersebut untuk hal yang lebih bermanfaat. Misalnya untuk pertemanan, bisnis hingga periklanan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan situs jejaring sosial untuk mendistribusikan segala konten atau informasi dari media yang sedang dibangun.
Di Indonesia sendiri, situs jejaring sosial Twitter menempati urutan kedua dalam hal jumlah pengguna setelah Facebook. Namun mayoritas jejaring sosial atau media sosial ini justru digunakan hanya untuk hal-hal kurang produktif. Mewabahnya penggunaan social media semacam facebook dan twitter tersebut mendorong para developer untuk membuat aplikasi social media di perangkat tablet / ponsel, sehingga banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh apabila kita jeli dalam memanfaatkan aplikasi – aplikasi social media tersebut, dan berikut sedikit tips untuk memilih aplikasi social media yang bermanfaat bagi anda:
Tips memilih Aplikasi Sosial Media
Tips memilih Aplikasi Sosial Media
  • Sesuaikan dengan kebutuhan
Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan penggunaan anda, karena sejatinya social media adalah sarana berkomunikasi yang sangat menyenangkan dan mudah dengan tujuan mengubah komunikasi ke dialog interaktif yang memungkinkan pertukaran konten termasuk foto dan Video maupun lokasi. Contohnya bagi anda yang gemar chatting dapat mencoba aplikasi yang Meebo yang menggabungkan puluhan layanan Chatting seperti facebook, Myspace, AOL Instant Messenger, Google talk dll, yang tentunya akan sangat memudahkan anda dalam berchating Ria.
  • Perhatikan Faktor keamanan
Faktor keamanan adalah sebuah hal yang sangat pantas anda perhitungkan dan anda perhatikan karena sudah banyak kasus yang disebabkan keteledoran sang pemilik akun maka hal-hal pribadi  yang menjadi rahasia tersebar ke Publik. Untuk itu sebaiknya jangan menaruh hal-hal pribadi yang bersifat penting dan rahasia seperti gambar-gambar pribadi maupun Video.
  • Kenali rekan anda
Kenali terlebih dahulu  factor kesamaan dari rekan anda seperti Usia, sifat, kesukaan dengan para pengguna jejaring social yang akan anda gunakan. Misalnya menurut penelitian para pengguna facebook memiliki kecenderungan usia antara 25-35th 26% dan 24% di usia 18-24th. Sedangkan twitter di katakana lebih diposisikan sebagia media social dalam hal menyampaikan komentar atau opini.
Dengan mengenali kesamaan yang dimiliki tentunya penggunaan aplikasi social media akan lebih bermanfaat dan bukan hanya menjadi sekedar sarana social media tanpa efek positif.

Sumber : Tabloid Pulsa edisi September 2012
Editor   : Hary Indrianto