4 Cara Install Aplikasi Android (APK)

Andoid merupakan salah satu tipe smartphone, dan dengan menginstal beragam aplikasi maka ponsel android akan dapat disulap memiliki beberapa fungsi. Misalnya untuk keperluan Fotografi, entertainment, multimedia sampai terkait dengan urusan data dan tulisan. Namun tahukan anda bahwa selain melalui Google play sebenarnya masih banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menginstal sebuah aplikasi kea lam android anda. Dan berikut Empat (4) cara untuk mengintal aplikasi android :
1. Google Play Store
Bagi anda para pengguna android tentunya sudah cukup akrab dengan market aplikasi besutan Google ini. Dalam google play store terdapat beragam aplikasi yang cukup lengkap beserta cara instalasi yang dapat di bilang mudah dan simple yakni cukup dengan mendownload aplikasi yang dipilih dan menuggunya hingga selesai.
Google Play
Google Play
2. Android SDK
Nah aplikasi yang satu ini dapat anda gunakan untuk menginstal file APK yang anda dapat dari sumber lain semisal website dan forum yang menyediakan file APK. Namun caranya memang tak semudah Google play store.  Anda harus menginstal terlebih dahulu Android USB driver dan android SDK ke PC anda, untuk aplikasi android SDK dapat di unduh di http://developer.android.com/sdk/indek.html sedangkan android USB driver dapat anda Download di http://developer.android.com/sdk/win-usb.html.
Android SDK
Android SDK
  • Ganti pengaturan pada ponsel untuk mengizinkan instalasi dari sumber daya lain. Pada menu>> setting >> application setting >> unknown sources. Kemudian pada menu >> setting>> SD Card&Phone Storage>> aktifkan koneksi ke USB.
  • Langkah terakhir buka command prompt windows dan ketikkan “adb install<1>/<2>.apk”.
  • Ganti <1> dengan path yang menuju file APK tersimpan dan ganti <2> dengan nama file APK, contoh : D: angry Bird.apk
  • Setelah instalasi selesai aplikasi siap untuk digunakan.
3. Android Injector
Cara lain  yang dapat anda lakukan untuk menginstal aplikasi android adalah dengan penggunakan Android Injector. Banyak sekali blog dan website yang menyediakan link download android injector, anda cukup dengan mengetikkan keyword “Android injector” kemudian mendownload dan menginstalnya pada PC anda. Setelah adroid injector terinstal dalam PC anda maka langkah selanjutnya adalah : 
Android Injector
Android Injector
  • Sambungkan ponsel anda dengan PC menggunakan kabel data yang disertakan pada saat pembelian android anda.
  • Lakukan pengaturan dengan masuk ke Setting>>applictions>>development>>kemudian centang tanda USB Debugging.
  • Jalankan aplikasi android injector
  • Klik menu>>chesk for attach devices
  • Klik “select file” untuk memilih file APK yang anda simpan.
  • Setelah terpilih klik “Instal to devices
  • Selesai dan Exit


4. APK Installer
Cara penggunaan aplikasi ini mirip dengan aplikasi android SDK, bedanya caranya lebih sederhana karena anda tidak perlu melakukan setting di android anda. Untuk menginstal aplikasi kedalam android anda cukup klik 2x file APK yang akan anda install. Berikut panduanya:
APK Installer
APK Installer
Sumber : Majalah pulsa edisi September 2012
editor    : Hary Indrianto