Fakta Unik Indonesia Vs Singapura di Piala AFF

Indonesia sudah enam kali bertemu Singapura di ajang serupa. Hasilnya jauh dari harapan. Skuad Garuda selalu gagal meraih kemenangan, empat kali kalah sementara sisanya berakhir imbang.

Pertemuan pertama Indonesia kontra Singapura di Piala AFF terjadi pada 1998. Saat itu, kedua tim bertarung di semifinal, Singapura berhasil menutup laga dengan kemenangan tipis 2-1.Pada 2004, di ajang yang sama, Indonesia sampai tiga kali bertemu pasukan Singa. Due pertama berlangsung di penyisihan Grup A berakhir dengan skor 0-0 dan duanya lagi terjadi di final. Pada kesempatan itu Singapura keluar sebagai juara usai mengalahkan Indonesia 3-1 di leg pertama dan dan 2-1 di leg berikutnya.
Pertempuran keduanya kembali terjadi di 2007. Pada laga penyisihan Grup B, Indonesia lagi-lagi gagal memetik kemenangan. Indonesia cuma sanggup memaksakan hasil seri 2-2.  Nasib lebih parah justru dialami pada pertemuan dua tahun berikutnya. Di laga penyisihan Grup A, Indonesia menyerah 0-2.
Indonesia Vs Singapura
Indonesia Vs Singapura
Fakta unik terekam dalam sejarah keikut sertaan kedua tim, dibanding Singapura, Indonesia sebenarnya lebih sering melaju ke partai puncak AFF. Hanya saja dari empat laga final (2000, 2002, 2004, dan 2010), Indonesia selalu gagal menjadi juara. Sementara Singapura yang sudah tiga kali melaju ke final (1998, 2004, dan 2007), selalu sukses mengangkat piala di partai pamungkas.