Aplikasi untuk Meningkatkan Performa Blackberry

Seiring berjalannya waktu para pengguna Blacberry biasanya merasakan kalau blackberry yang digunakanya mengalami penyusutan performa. Dan tentunya juga sudah banyak di bahas di blog-blog local bagaimana cara untuk meningkatkan performa dari blackberry anda. Namun kali ini saya akan memberikan beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan dan menjagi kinerja blackberry anda.

1. Memory Booster (Memory Mojo)
Sebenarnya ketika suatu aplikasi dijalankan, maka aplikasi tersebut akan menyimpan data untuk sementara (Temporary) pada memory RAM. Namun sayangnya beberapa aplikasi tidak melepaskan kembali memory yang digunakan setelah aplikasi dimatikan. Oleh karena itu untuk mendapatkan ruang memory RAM kembali maka anda dapat memanfaatkan fitur “Memory Cleaning”  namun itu artinya anda harus masuk jauh ke dalam menu. Maka untuk lebih mudahnya anda dapat menggunakan aplikasi Memory Booster Memory Mojo yang secara otomatis menjaga ketersediaan ruang dalam memory RAM.  Melalui aplikasi ini anda juga dapat memantau besaran memory yang terpakai dan yang sedang tidak digunakan, selain itu ukuranya yang kecil juga tidak akan memakan tempat pada ruang penyimpanan untuk aplikasi blackberry anda.

Memory Booster (Memory Mojo)
Memory Booster (Memory Mojo)

Developer : Berobe.com
Platform: Blackberry OS
Minimum Requirements: Smartphone versi 4.5.0 
Download : Blackberry App World
2.  BeJoose (Memory Optimizer)
Cara kerja aplikasi ini mirip dengan Memory Mojo, yaitu dengan menjaga ketersediaan ruang pada memori untuk menghindari hang yang seringkali mengharuskan anda untuk mencabut baterai atau Hard reset. Aplikasi ini membersihkan memory secara berkala dari penggunaan yang tidak diperlukan sehingga anda tidak perlu menjalankanya secara manual.
BeJoose (Memory Optimezer)
Developer : The Jared Company
Platform: Blackberry OS
Minimum Requirements: Smartphone versi 4.5.0 
Download : Blackberry App World
3. Scan Monster
Aplikasi ini dapat menampilkan tanggal , waktu, persentase daya dan temperature baterai, persentase dan besaran memory yang tersedia, termasuk jumlah aplikasi yang sedang berjalan.
Anda cukup mengklik salah satu aplikasi untuk membebaskan memori, deep recovery, menghapus log atau menjalankan overheat alarm. Selain iyu Scan Monster juga menawarkan fungsi untuk memaksa mematikan (force close) sebuah aplikasi yang sulit diberhentikan.
Scan Monster
Developer : LSphone
Platform: Blackberry OS
Minimum Requirements: Smartphone versi 4.6.0
Download : Blackberry App World

     4.    Performance Booster
Seperti ketiga aplikasi di atas, performance nooster juga berfungsi membebaskan RAM Backberry anda dari pengguanaan yang tidak perlu. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fungsi lain seperti mealakukan defragment dan membersihkan regristry blackberry agar aplikasi lain dapat berjalan lebih cepat.
Developer : Phone Funda
Platform : Blackberry OS
Minimum Requirements: Smartphone versi 4.6.0
Download : Blackberry App World